Diberdayakan oleh Blogger.

Perawatan Wajah Iritasi

Perawatan Wajah Iritasi - Setiap wanita ingin selalu tampil sempurna dan memiliki wajah cantik dan mulus, untuk mendapatkan semua itu dilakukan berbagai cara dengan mencoba berbagai produk kecantikan yang banyak di tawarkan produsen kosmetik. Namun kita harus hati-hati dalam memilih produk kecantikan tersebut karena tidak jarang produk itu justru akan membuat rusak wajah Anda dan terbakar seperti kepiting rebus.
perawatan-wajah-iritasi

Efek samping yang berbahaya tersebut biasanya disebabkan karena adanya kandungan zat yang berbahaya terdapat pada kosmetik-kosmetik yang didominasi oleh merkuri/raksa, hidrokinon dan asam retinoat yang diyakini memiliki efek memutihkan yang mengikis kulit dan menumbuhkan sel-sel kulit baru. Bukannya kulit putih yang di dapatkan tapi justru muka terkelupas seperti terbakar akibat bahan tersebut ataupun timbulnya jerawat.

Jadilah konsumen yang cerdas sebelum membeli produk kecantikan.  Sebagai konsumen seharusnya mengetahui jenis kulitnya, dan wajib mengetahui bahan-bahan apa saja yang berpotensi menimbulkan alergi dan iritasi yang harus dihindari. Jangan sampai menyalahkan produsen yang sudah memberi peringatan, padahal secara genetis konsumen memang hipersensitif. Produsen kosmetik tidak mungkin bisa membuat produk yang bisa diterima oleh semua kondisi kulit konsumen 

Terlebih lagi ketika kita memiliki kulit sensitif yang memiliki reaksi cepat terhadap produk tertentu, bahan kimia, cuaca panas, atau kondisi lingkungan. Apa saja yang mesti dilakukan jila mengalami iritasi?
  • Sebelum menggunakan produk baru pada wajah Anda, sebaiknya oleskan dulu pada kulit bagian punggung telapak tangan apabila terjadi iritasi sebaiknya jangan diteruskan karena kulit wajah anda tidak akan siap menerima efek samping dari product tersebut. Langsung hentikan pemakaian cream perawatan kecantikan tersebut.
  • Untuk mengatasi keluhan gatal atau bengkak bisa dilakukan dengan meminum antihistamin, menggunakan krim anti iritasi, atau pemberian krim hydrocortisone. Namun penggunaan krim hydrocortisone ini harus di bahwah pengawasan dokter.
  • Jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung zat eksfoliasi. Jika kulit berminyak, gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid untuk membuka sumbatan pori.
  • Coba gunakan produk yang mengandung herba alami, seperti chamomile dan aloe vera, yang berfungsi sebagai anti-iritasi. 
  • Jangan menggunakan penyegar wajah yang mengandung alkohol, karena alcohol sangat reaktif terhadap kulit sensitif. Pilihlah  penyegar yang mengandung lavender atau witch hazel
  • .Disaat keluar rumah jangan lupa gunakan tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside, karena dapat mencegah iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.
  • Bersihkan wajah yang sedang iritasi dengan air dan make up remover wipes berbentuk tisu. Hindari waslap karena terlalu keras. Gunakan air bersuhu normal karena air dingin atau air hangat dengan suhu ekstrem dapat mengiritasi kulit secara cepat.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung dan debu yang bisa memperburuk kondisi kulit wajah yang akan membuat kulit  semakin gatal dan menimbulkan iritasi.
  • Jangan mengkonsumsi ikan laut disaat wajah Anda iritasi karena ikan laut dapat menyebabkan terpicunya iritasi atau alergi dan gatal-gatal.
  • Konsumsi Vitamin C yang akan meningkatkan daya tahan tubuh anda dan mempercepat penyembuhan wajah Anda yang sedang bermasalah. 
  • Konsumsi Vitamin E yang berfungsi sebagai anti oksidan yang akan menangkal radikal bebas untuk detoksifikasi berbagai racun dalam tubuh. Selain itu vitamin E, berfungsi sebagai meningkatkan produksi kolagen dan pembentukan jaringan kulit baru.
  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari. Air putih akan membantu mengeluarkan alergen atau iritan yang terserap kulit dan beredar bersama darah saat penggunaan produk perawatan kecantikan topikal. Selain air putih, minum banyak cairan juga akan membantu Anda menyembuhkan luka bakar. Minum enam sampai tujuh gelas air atau konsumsi teh herbal dan jus. Selama Anda terhidrasi, kulit Anda akan terhindar dari kekeringan.
Setelah kulit diistirahatkan dengan perawatan wajah iritasi Anda bisa melakukan perawatan dengan produk cream perawatan kecantikan yang cocok untuk kulit wajah. Selamat mencoba, hati - hatilah dalam memilih product untuk wajah anda, perawatan wajah alami adalah cara terbaik untuk Anda. Cantik alami adalah kecantikan yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar