Diberdayakan oleh Blogger.

Perawatan Wajah Berkomedo

Perawatan Wajah Berkomedo - Kelembaban udara, polusi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi keadaan kulit yang dapat merangsang kelenjar minyak lebih aktif.  Tidak hanya masalah jerawat yang muncul namun komedo di wajah Anda. Kelembaban udara, polusi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi keadaan kulit yang dapat merangsang kelenjar minyak lebih aktif. 
Perawatan Wajah Berkomedo

Komedo disebabkan oleh penyumbatan kelenjar sebaceous yang mengeluarkan zat berminyak yang dikenal sebagai sebum. Warna hitam pada komedo tidak disebabkan oleh kotoran , tetapi oleh sebum bercampur dengan sel-sel kulit mati dan oksidasi oleh udara. 

Cara paling efektif untuk hilangkan komedo adalah dengan melakukan facial di salon. Namun banyak wanita tidak mau kesalon untuk mengatasi komedoo karena rasa sakit yang harus ditanggung, Selain itu kulit kerap menjadi merah dan bengkak setelahnya. Ada cara mudah mengatasi komedo, selain membersihkan kulit secara tepatd an melakukan metode ekstraksi. Apa saja yang bisa Anda lakukan dirumah:

Steam Wajah Anda

Tidak perlu dengan perawatan yang mahal untuk melakukan steam pada wajah Anda.  Cukup menggunakan air panas yang di letakan pada suatu wadah, arahkan wajah Anda di atas wadah dan menutup kepala dengan handuk sehingga uap air panas terkurung di bawah handuk selama beberapa menit. Ini berfungsi untuk membuka pori-pori pada wajah dan memudahkan komedo dikeluarkan.

Cuci Wajah dengan sabun jerawat

Setelah pori-pori wajah terbuka cuci wajah Anda dengan sabun jerawat atau scrub wajah untuk membantu dalam penghapusan kelebihan sebum dan sel kulit mati. Jangan sampai malas membersihkan wajah karena alas an malas atau lelah habis bekerja.

Scrub

Scrub bekerja untuk menghilangkan sel kulit mati dan menumbuhkan sel kulit yang baru. Sel kulit mati dapat memperburuk keadaan komedo jika tidak segera diangkat.  Lakukan srub tiga daerah di bagian wajah Anda yaitu dahi, hidung dan dagu  yang biasa tempat komedo seringkali muncul. Lakukan secara rutin dua sampai tiga kali dalam seminggu agar wajah Anda bebas komedo.

Gunakan Masker

Ada produk masker tertentu yang dirancang sebagai masker untuk komedo, namun untuk masker alaminya Anda bisa menggunakan putih telur. Caranya oleskan tipis putih pada wajah Anda, biarkan sampai kering, ulangi lagi mengoleskan putih telur sebagai lapisan kedua, Anda bisa mengulanginya sampai tiga kali, biarkan sampai benar-benar kering. Biarkan 15 menit setelah itu bersihkan wajah dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat.

Krim obat jerawat

Selain mengobati jerawat, krimnya juga bisa digunakan di atas kulit berkomedo Pilih krim yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida adalah bahan yang baik untuk membunuh bakteri, menyerap minyak, serta cepat menghilangkan komedo dan jerawat.

Gunakan Masker Alami

Buatlah ramuan dari dua sendok makan baking soda yang dicampur dengan sedikit air, hingga membentuk seperti pasta. Oleskan ramuan ini ke atas permukaan wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Baking soda akan menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah, menghapus bakteri, serta menghilangkan komedo yang membandel

Gunakan make Up berbahan Dasar Air

Sebaiknya tidak memakai make up, namun jika Anda menggunakan make up jangan menggunakan make up berbasis minyak karena akan membuat minyak semakin menumpuk di folikel wajah Anda.  Pilihlah make up berbahan dasar air berlabel non-comedogenic yang dapat digunakan secara aman.

Jika Anda melakukan perawatan wajah berkomedo, maka wajah Andapun bisa bebas dari jerawat yang seringkali menganggu penampilan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar