Diberdayakan oleh Blogger.

Perawatan Wajah Berminyak

Perawatan wajah berminyak - Kulit berminyak dibutuhkan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit wajah, namun jika jumlah yang di keluarkan berlebihan akan menganggu penampilan Anda. Kelebihan minyak pada wajah disebabkan oleh berbagai hal seperti jenis kulit dan perawatan yang tidak benar sehingga membuat wajah  terlihat mengkilat, kusam, pori-pori besar, dan bisa menyebabkan jerawat. Untuk mengatasi kulit wajah berminyak tidaklah sulit jika di lakukan secara tepat dan benar.

Perawatan- Wajah -Berminyak
Ada tips sederhana untuk menghilangkan minyak di wajah cantik anda dan ada juga cara alami menggunakan masker tradisional. Mari kita simak apa saja perawatan wajah berminyak :

Rajin membersihkan wajah

Gunakan sabun khusus untuk kulit berminyak yang bersifat lembut (gentle cleanser)  untuk membersihkan wajah pada pagi dan malam hari untuk mengatasi kulit berminyak. Untuk hasil yang maksimal anda dapat menggunakan busa cleanser yang telah diberikan air hangat. setelah itu basuh muka dengan air dingin. Hindari menggunakan pembersih yang berbahan dasar alkohol

Gunakan toner wajah

Salah satu  produk kecantikan yang modern serta cocok untuk jenis wajah yang berminyak adalah toner. Perhatikan cara menggunakannya hanya pada daerah kulit yang banyak mengeluarkan minyak seperti hidung, dahi dan dagu (area T) serta hindari penggunaan pada area muka yang kering.

Memakai kertas minyak

Jika anda ingin menghilangkan minyak di wajah secara cepat, gunakan kertas minyak. Kertas jenis ini banyak dijual di toko maupun apotek terdekat. Gunakan kertas minyak dengan cara menepuk-nepukkannya dengan pelan pada wajah Anda. Jangan mengusap karena Anda bisa iritasi atau hiasan make up akan menjadi berantakan.

Pilih pelembab bebas minyak

Jangan sampai salah memilih pelembab  untuk kulit berminyak. Menggunakan pelembab pada kulit berminyak tidak akan membuat kulit tambah mengkilat jika memakai  pelembab wajah yang mengandung oil-free moisturizer atau pelembab bebas minyak.

Make Up

Selain pelembab, perlu juga di perhatikan dalam memilih make up. Beberapa bahan make up, seperti foundation dan bedak, juga bisa digunakan untuk mengontrol minyak pada wajah. Pilih jenis bedak bubuk agar mampu menyerap minyak seperti spons.

Bengkoang dan kentang

Ambil bengkoang dan kentang secukupnya. Kemudian haluskan kedua bahan tersebut secara terpisah menggunakan blender. Campurkan kedua bahan untuk dijadikan masker oleskan pada wajah anda yang telah dibersihkan. Gunakan saat menjelang tidur agar dapat bertahan lama di wajah. Selain dapat menghilangkan minyak diwajah, Bengkoang dan kentang juga dapat mengecilkan pori-pori pada wajah

 Krim malam

Perawatan wajah berminyak juga membutuhkan penggunaan krim malam. Sebab malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah, selain itu mekanisme regenerasi sel-sel tubuh akan efektif dan maksimal pada malam hari dan dalam keadaan tubuh istirahat.

Krim untuk kulit berminyak lebih banyak kandungan air yang biasanya  berbentuk gel agar dapat menyerap kelebihan minyak. Kandungan bahan aktif dalam krim memiliki fungsi menekan produksi sebum yang berlebihan pada kulit wajah.

Tabir Surya

Mengenakan tabir surya berlebihan bisa membuat wajah semakin tampak berminyak, pilihlah tabir surya yang bertuliskan oil free dan berbahan dasar air atau gel. Lebih bagus jika tidak mengandung pelembap dan tanpa wewangian. pilihlah tabir surya  dengan SPF 25 – 30 untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet.

Banyak metode yang bisa di lakukan untuk perawatan kulit berminyak, namun harus selektif untuk memilih produk yang akan di gunakan pada wajah cantik Anda. Agar tidak menimbulkan iritasi dan efek samping dari suatu produk kosmetik perawatan wajah tradisional bisa menjadi alternatifnya, selain aman cara ini juga bisa untuk mendapatkan wajah cantik yang alami.

1 komentar:

Posting Komentar