Diberdayakan oleh Blogger.

Perawatan Wajah Ibu Hamil

Perawatan Wajah Ibu Hamil - Ketika hamil terjadi perubahan hormon pada tubuh seiring dengan pertumbuhan janin yang memberikan dampak yang berbeda-beda pada setiap individu. Bagi sebagian wanita yang seringkali timbul kulit berminyak, jerawat, dan timbulnya noda hitam pada wajah. Untuk itu meskipun hamil dan terjadi perubahan hormone pada tubuh Anda, sebaiknya tetap melakukan perawatan wajah agar tetap cantik ketika hamil.
Perawatan- Wajah -Ibu -Hamil

Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam perawatan kecantikan ketika hamil, karena tidak semua produk kecantikan bisa digunakan. Banyak orang berpikir apa yang di konsumsi saja yang akan mempengaruhi janin, namun dengan cara di oleskan seperti produk kecantikan juga bisa memberikan pengaruh yang tidak baik untuk janin Anda. Perawatan apa sajakah yang perlu di lakukan ketika hamil?

Bersihkan wajah
Seorang ahli kulit merekomendasikan untuk menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung residu atau mengandung gliserin untuk ibu hamil. Bagi Anda yang memiliki kulit kering gunakan pembersih yang tidak mengandung sabun yang lembut serta melembabkan. Cuci bersih wajah tidak lebih dari dua kali sehari untuk menghindari kulit menjadi terlalu kering.

Berhati-hati Dalam Penggunaan Kosmetik
Perawatan wajah Ibu hamil memang sedikit berbeda dengan yang lainnya. Anda perlu memperhatikan kandungan dari kosmetik yang digunakan apakah bahan kosmetik tersebut aman untuk digunakan saat kehamilan atau tidak. Jika tidak ada keterangan, periksa bahan-bahan dasar dari kosmetik tersebut, apakah terdapat bahan yang berbahaya bagi kehamilan atau tidak. Hindari kosmetik yang mengandung bahan-bahan seperti Hydroquinon, Mercury, Retinoid karena akan memberikan akibat buruk bagi janin, bahkan bisa menyebabkan cacat. 

Jika anda menggunakan kosmetik selama kehamilan, pilihlah kosmetik yang berbahan dasar seperti air, nonacnegenic atau noncomedogenic.

Obat jerawat 
Perubahan hormon yang cukup signifikan pada tubuh bisa mengakibatkan timbul jerawat pada kulit wajah Anda. Gunakan obat jerawat atau produk perawatan khusus yang aman bagi Anda dan janin. Bagi yang hamil, pilih obat jerawat jenis topical (dioleskan pada kulit) atau produk perawatan kulit yang tidak mengandung Tretinoins; seperti Retin-A, Renova, Accutane dan Retinol . Obat jenis ini diyakini bisa memicu terjadinya keguguran atau gangguan kelahiran bayi. Pilihlah obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau azelaic acid yang aman untuk Anda dan janin.

Gunakan Masker alami 
Sebaiknya gunakan obat-obatan alami terlebih dulu sebelum menggunakan obat-obatan yang di jual di pasaran. Bagaimanapun bahan-bahan alami pilihan yang terbaik untuk Anda selama kehamilan. Jika di lakukan secara rutin perawatan secara alami juga akan memberikan hasil yang tidak kalah dengan produk kosmetik lainnya. Gunakan bahan- bahan yang mudah di dapatkan untuk perawatan wajah Anda seperti penggunaan masker telur, masker apel dan madu. Lakukan setidaknya sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Facial 
Meskipun kulit wajah Anda bebas jerawat atau tidak berminyak, namun tetap melakukan perawatan rutin. Lakukan facial atau deep cleansing treatment. Selain membersihkan kulit,perawatan ini juga akan memperlancar peredaran darah pada kulit wajah sehingga akan terlihat lebih cerah. Lakukan juga perawatan microdermabrasion atau chemical peeling menggunakan glycolic acid untuk membersihkan ‘tumpukan’ sel kulit mati sekaligus merangsang proses regenerasi kulit yang lebih baik.

Bila tak terbiasa melakukan perawatan ini, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki fungsi serupa, yaitu produk yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid –formulanya berupa glycolic acid dan lactic acid)– atau BHA (Beta Hydroxy Acid, yang formulanya dikenal sebagai salicylic acid). Namun yang paling aman dan tidak ada efek samping lakukan perawatan wajah tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar