Diberdayakan oleh Blogger.

Perawatan Wajah Kering

Perawatan Wajah Kering - Perawatan pada kulit wajah memang butuh perhatian yang ekstra di banding dengan kulit pada bagian tubuh lainnya Karena memiliki ph yang berbeda dan lebih sensitive. Memiliki kulit wajah kering memang cenderung tidak memiliki jerawat, namun jika tidak terawat bisa membuat kulit terlihat kusam, keriput, mengelupas, bahkan lebih parah lagi bisa menimbulkan iritasi kulit.Kulit normal dilapisi lapisan tipis zat lemak yang membuat kulit menjadi lembut.
Perawatan- Wajah- Kering

Biasanya penyebab kulit kering di pengaruhi oleh lingkungan atau internal seperti kondisi kesehatan dan kecendrungan genetic kulit Anda karena lapisan pada lemaknya terganggu Banyak perawatan yang ditawarkan oleh berbagai merk kosmetik, namun alangkah lebih baiknya dengan perawatan secara alami. Berbeda dengan perawatan wajah berminyak, berikut ini cara perawatan wajah kering:

Gunakan Selalu Pelembab

Jangan lupa menggunakan pelembab setiap beraktivitas di luar maupun diluar ruangan . Paparan sinar matahari dan ruangan ber AC tidak bagus untuk kulit Anda. Gunakan pelembab yang cocok untuk kulit kering dengan berbahan dasar minyak bukan berbahan dasar air ,karena minyak akan membuat lapisan pelindung pada kulit yang dapat mempertahankan kelembaban wajah Anda.

Namun perlu diperhatikan dalam memilih pelembab,carilah “nonclogging” seperti minyak alpukat, minyak mineral, atau minyak almond, hati-hati dengan minyak shea atau mentega, minyak sayur karena dapat menyumbat pori-pori wajah. Selain itu gunakan pelembab yang mengandung humektan seperti gliserin, sorbitol, alpha-hydroxy. Hindari pelembab yang mengandung terlalu banyak bahan pewangi serta zat retinoid karena justru akan merusak kulit anda

Gunakan Tabir Surya

Jangan lupa mengoleskan tabir surya ketika Anda akan pergi ke luar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Carilah tabir surya  dengan SPF 30 pada wajah dan bagian tubuh lainnya yang terkena sinar matahari 20 menit sebelum keluar rumah.

Jangan Terlalu Sering Membasuh Wajah Dengan Air

Terlalu sering membasuh wajah akan membuat kelembaban alami wajah Anda berkurang karena bisa jadi air yang digunakan banyak mengandung zat kimia. Membasuh wajah dengan air memang akan membuat wajah menjadi bersih dan lembab namun hanya untuk sementara. Gunakan sabun khusus untuk wajah kering. Untuk mengelap wajah basah, cukup tepuk-tepukkan saja handuk pada wajah dengan lembut untuk mengeringkannya.

Gunakan Masker Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan lemak dan vitamin E. Vitamin E sendiri adalah salah satu nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit kita, sedangkan lemaknya bisa menjaga elastisitas dan kelembaban pada kulit. Lumatkan daging buah alpukat sampai halus, lalu oleskan merata ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit, segera bilas muka dengan air dingin sampai bersih.

Gunakan Srub gula dan madu

Perhatikan wajah Anda apakah kering keseluruhan atau bagian tertentu saja. Jika seluruhnya Anda bisa menggunakan scrub gula dicampur madu untuk mengelupaskan kulit mati. Gosok dengan lembut dibagian kulit yang kering dengan handuk.Lakukan ini setidaknya sekali seminggu.

Konsumsi Banyak Air Putih

Kekurangan air pada tubuh merupakan salah satu penyebab utama kulit kering. Biasakan minum air putih dua liter per hari agar tidak dehidrasi kekurangan cairan tubuh. Minum segelas air sebelum tidur untuk menghindari dehidrasi selama kita beristirahat. Selain itu hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, kafein, atau bahan pengawet karena justru akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh anda

Jangan Terlalu Sering Mandi Hangat

Bagi yang tidak tahan cuaca dingin biasanya orang mandi dengan air hangat. Namun, terlalu sering mandi dengan air hangat justru akan membuat kulit anda menjadi lebih kering. Jikapun mandi dengan air hangat tidak lebih 5-10 menit saja

Konsumsi Pil Minyak Ikan

Studi baru menunjukan mengkonsumsi pil minyak ikan yang mengandung omega- 3 dapat mengatasi kulit super kering. Anda bisa melihat hasil yang signifikan setelah beberapa minggu. Tidak hanya kulit, rambut dan kuku akan terlihat lebih sehat setelah enam minggu mengkonsumsinya. 

Tidak susah kok cara perawatan wajah kering jika kita mengetahui triknya. Untuk cara yang alami Anda bisa juga melihat perawatan wajah dengan minyak zaitun. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar